About Us

Selamat datang di KetahananEnergi.com. Website ini merupakan persembahan alumni Jurusan Ketahanan Energi Cohort 2 (2013) untuk mendukung Jurusan Ketahanan Energi Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN).

Berikut sedikit profile Jurusan Ketahanan Energi Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN).

Visi

“Menjadi Program Studi yang unggul dan menjadi rujukan di bidang Ketahanan Energi pada tingkat Nasional dan Internasional di Tahun 2024”.

Yang dimaksud unggul dan rujukan dalam hal ini adalah yang memiliki kualitas peneliti, tenaga pengajar, dan mahasiswa yang mumpuni di bidang Energi. Visi dari Prodi Ketahanan Energi didasari oleh 2 hal yang pertama adalah nilai Ketahanan Energi Nasional cukup, yang diharapkan  pada tahun 2024 bernilai kuat. Yang kedua penguatan regulasi dan peneliti ahli untuk memperbanyak dan mengembangkan bidang explorasi dan exploitasi sumber-sumber energi. Regional yang dimaksud dalam visi ini merupakan Program studi ketahanan energi universitas mampu menjadi rujukan bagi  universitas lingkup wilayah Jawa Barat, Nasional mencakup seluruh universitas di Indonesia dan Internasional mencakup seluruh universitas di penjuru dunia.

Misi

Prodi Ketahanan Energi sebagai pelaksana kegiatan akademik memiliki Misi sebagai tindak lanjut atau perwujudan Visi Prodi. Misi disini merupakan upaya yang dilakukan Program Studi dalam rangka mewujudkan Visi. Misi Program studi mencakup 7 sasaran yang merupakan representative dari pola pengelolaan program studi itu sendiri. Misi program studi ketahanan energi adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mewujudkan visi misi Program Studi Ketahanan Energi di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Melaksanakan pengelolaan tata pamong dalam menjalankan tugas program studi untuk mengembangkan ilmu di bidang Ketahanan Energi.
  3. Mendidik calon pimpinan dari militer dan sipil yang professional di bidang ketahanan energi.
  4. Mengembangkan Sumber daya manusia yang memiliki pemahaman yang tinggi di bidang ketahanan energi yang diakui secara Nasional dan Internasional.
  5. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan di bidang ketahanan energi bagi civitas akademik.
  6. Mengembangkan kegiatan di bidang energi yang dapat memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat melalui kegiatan kerjasama.

Mengembangkan kegiatan penelitian baik Nasional dan Internasional melalui dengan manajemen berkonsep  Availability, Affordability, Acceptability, Accessebility yang Sustainable (4A +1 S) terhadap sumber-sumber energi.

Tujuan

Tujuan Program studi menjawab dari misi Program studi dimana tujuan merupakan capaian yang diharapkan. Dengan demikian terwujudnya misi Progran studi akan mendukung tercapainya visi besar Program studi itu sendiri. Adapun tujuan dari program studi Ketahanan Energi antara lain:

  1. Terwujudnya visi misi Program Studi Ketahanan Energi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Terwujudnya pengeloaan tata pamong dalam pelaksanaan tugas program studi untuk mengembangkan ilmu ketahanan energi.
  3. Terwujudnya mahasiswa serta lulusan Program studi yang professional dibidang energi dan dapat diserap di dunia kerja dalam rumpun ilmu ketahanan energi.
  4. Terbentuknya sumberdaya manusia yang memiliki pemahaman yang tinggi dibidang ketahanan energi yang diakui secara Nasional dan Internasional.
  5. Terwujudnya pelaksanaan pengembangan program pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bidang energi bagi mahasiswa dan civitas akademik.
  6. Terwujudnya kegiatan yang dapat memberikan manfaat dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Terwujudnya kegiatan penelitian baik Nasional dan Internasional melalui dengan manajemen berkonsep  Availability, Affordability, Acceptability, Accessebility yang Sustainable (4A +1 S) terhadap sumber-sumber energi.

 

Prodi KE

Kami sadar, website ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu kami mohon masukkannya demi perbaikan website ke depan.

Semoga kontribusi kecil kami dalam bidang energi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan pemerhati energi khususnya.